<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7346523965267408941\x26blogName\x3dStory+behind+the+kitchen\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://bundanyafalih.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://bundanyafalih.blogspot.com/\x26vt\x3d3973288388259035868', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Dec 13, 2009

Sayur asem ala Jawa dan bothok tempe

Sayur asem versi jawa ini berbeda dengan sayur asem betawi/sunda. Sayur asem ala jawa kuahnya bening tanpa bumbu uleg, sedangkan sayur asem agak butek karena bumbunya yang diuleg.
Bahan yang dipake pun bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Disini saya pake kol, wortel, toge kedelai, plus daun seledri. Kol bisa juga diganti dengan kacang panjang.
Untuk lebih jelasnya, ini dia resepnya (disini resepnya nggak pake ukuran gram-graman, dikira-kira aja....:)):

Bahan:
Kol, potong kecil-kecil
Wortel, potong2
Toge kedelai, bersihkan dan buang kulit arinya
Seledri

Bumbu:
Bumbu yang dipake sangat2 simpel dan nggak perlu diuleg-uleg, yaitu cuma bawang merah yang diiris tipis2, lengkuas yang digeprek asem jawa (jangan terlalu banyak, nanti bikin sayur asemnya jadi terlalu asem), garam dan gula pasir untuk sebagai pengganti penyedap rasa.

Cara membuatnya:
Didihkan air, kemudian masukan bawang merah yang sudah diiris tipis-tipis dan lengkuas. Setelah air mendidih, masukkan secara bertahap bahan-bahannya, yang pertama adalah wortel dan toge kedelainya dulu. Kalo wortel dan togenya udah setengah mateng, baru kolnya dimasukkan. Kemudian masukkan asem jawanya, disusul garam dan gula. Cicipi hingga dapet rasa yang pas sesuai selera masing-masing. Paling terakhir masukkan daun seledri yang udah diiris lembut. Tunggu hingga bahan-bahan semuanya dirasa udah mateng baru diangkat.

Pelengkap yang pas buat sayur asem ini adalah bothok tempe. Berikut resepnya:

Bahan:
Kelapa, pilihlah yang setengah tua, parut
Tempe, yang dipotong kecil-kecil dan dikukus sebentar
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu:
Bawang merah
Bawang putih
Cabe rawit merah (tingkat kepedasannya bisa disesuaikan dengan selera)
Ketumbar
Tempe semangit
Gula merah
Sedikit gula pasir sebagai pengganti penyedap rasa
Garam

Cara membuat:
1. Bumbu-bumbu diuleg hingga halus. Campurkan dengan kelapa yang sudah diparut. Aduk rata hingga bumbu dan kelapa benar-benar tercampur. Setelah itu masukkan tempe yang dipotong kecil2 dan sudah dikukus. Aduk rata.
2. Setelah semua bahan dan bumbu-bumbu tercampur, siapkan daun pisang. Bungkus bothok dengan daun pisang dengan bentuk tum.
3. Kukus hingga matang, 30-45 menit.
4. Sajikan bersama sayur asem.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home