<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7346523965267408941\x26blogName\x3dStory+behind+the+kitchen\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://bundanyafalih.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://bundanyafalih.blogspot.com/\x26vt\x3d3973288388259035868', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Dec 9, 2009

Sayur lodeh rebung


Ini adalah versi lain dari sayur lodeh. Bumbu-bumbu yang dipakai sama dengan sayur lodeh pada umumnya, hanya isinya aja yang disesuaikan. Disini saya memakai rebung, kacang panjang dan wortel.
Ada trik tersendiri dalam mengolah rebung ini, karena kalo salah dalam pengolahan rasanya bisa-bisa jadi pahit atau aromanya yang agak kurang sedap.
Berikut ini adalah artikel tentang rebung berikut tips dan trik pengolahnnya yang dicopy paste dari DetikFood.

Rebung si Anak Bambu
Eka Septia - detikFood

Tunas muda pohon bambu ini tak hanya enak disayur tapi juga bisa dijadikan keripik sebagai camilan kala santai. Ada juga yang memakainya untuk bahan dasar membuat kue. Simak info lengkapnya di sini!

Tunas Bambu atau lebih dikenal dengan nama rebung ini memang sudah akrab dengan masyarakat pulau Jawa khusunya. Makanan yang sering dibilang makanan 'ndeso' ini sudah merambah ke kota-kota besar. Meskipun kadang sulit menemukannya, tapi di pasar tradisional bahkan beberapa supermarket bisa ditemui. Rebung dikenal di dunia pertama kali oleh bangsa Cina. Karena di sana banyak tumbuh pohon bambu yang tunasnya renyah manis.

Di Jawa Tengah khususnya Semarang, rebung menjadi komoditas utama untuk membuat isi lumpia. Selain itu juga rebung dapat diolah untuk berbagai macam makanan yang bisa diawetkan. Bahkan kabar terbaru menyatakan kalau tepung rebung mengandung kadar pati yang tinggi dan bisa digunakan untuk membuat kue.

Rebung juga dapat dibuat keripik, bahkan tekstur dan rasanya jauh lebih enak dibandingkan dengan potato chips. Tapi yang masih bertahan hingga saat ini adalah rebung yang diajadikan sayur. Dengan ditambahkan sedikit santan, dan jug akacang tolo menjadikan rebung ini sayur yang enak dan lezat!

Berdasarkan penelitian, rebung memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan 12 asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi rebung secara teratur menjadi salah satu tindakan pencegahan kanker. Rebung yang dibeli di pasar kadang masih meninggalkan bau yang kurang sedap.

Sebelum mengolahnya sebaiknya dicuci kembali dengan air yang mengalir hingga aroma nya sedikit berkurang. Dan cara lain untuk mengurangi aroma rebung yang tajam adalah dengan merebus rebung dalam air kelapa hingga mendidih beberapa saat. Kemudian bilas dengan air bersih dan rebus kembali dengan air hingga lunak. Nah, apakah sudah siap mengolah rebung hari ini?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home