<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7346523965267408941\x26blogName\x3dStory+behind+the+kitchen\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://bundanyafalih.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://bundanyafalih.blogspot.com/\x26vt\x3d3973288388259035868', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Dec 13, 2009

Makaroni schotel, versi yang lebih simpel....

Dulu pernah bikin simpel makaroni schotel, disini arsipnya. Tapi kali ini yang saya buat lebih simpel lagi. Lebih simpel dari segi bahan-bahan tentunya, karena proses pembuatannya tetep sama aja. Hanya dengan mengeliminasi beberapa bahan.

Bahan:
250 gram makaroni bentuk elbow
500 ml susu cair
125 gr daging sapi giling
3 butir telur kocok lepas
keju cheddar parut, sedikit banyaknya tergantung selera, untuk dicampur dan untuk taburan
mentega/minyak goreng

Bumbu:
bawang putih, cincang halus
bawang bombay, cincang halus juga
kaldu ayam
garam
lada bubuk secukupnya

Cara membuat:
1. Rebus makaroni sampai bener2 matang dan mengembang. Tiriskan, dan beri sedikit mentega supaya tidak lengket, aduk rata.
2. Siapkan bahan isian. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dengan sedikit mentega/minyak goreng. Masukkan daging cincang, aduk rata dan tumis hingga daging matang. Beri garam, lada dan kaldu ayam. Setelah matang, angkat dan dinginkan.
3. Dalam wadah terpisah, siapkan susu cair. Masukkan makaroni yang telah direbus, kemudian daging cincang. Kalo suka campurkan juga keju cheddar parut. Saya lebih suka keju cheddar parutnya untuk taburan aja. Jangan lupa campurkan telurnya. Tambahkan lada, garam dan kaldu ayam. Aduk semua bahan dan bumbu hingga tercampur rata.
4. Tuang ke dalam pinggan tahan panas (saya kebetulan punya pinggan tahan panas, cuma sayangnya nggak muat masuk ke oven saya yang imut, jadi disini saya pake loyang loyang loaf). Taburi bagian atasnya dengan keju cheddar parut.
5. Panggang dalam oven kurang lebih 45 menit dengan suhu 180 derajat sampai matang.
6. Setelah matang, angkat. Sajikan dengan saos sambal atau dapat juga dimakan

1 Comments:

Blogger Mr. Jonikun said...

Yummy, resep masakan Makaroni Schotel ini sepertinya bakal di sukai ma anak-anak, apalagi jika parutan kejunya banyak.

July 4, 2012 at 3:41 PM  

Post a Comment

<< Home