<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7346523965267408941\x26blogName\x3dStory+behind+the+kitchen\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://bundanyafalih.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://bundanyafalih.blogspot.com/\x26vt\x3d3973288388259035868', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Mar 19, 2008

Japanese Style Cheesecake

JCC fresh from the oven
Setelah dikeluarkan dari loyang

Campur dan ayak :
50 gr tepung terigu (segitiga biru)
50 gr tepung maizena

Bahan :
60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruangan
120 ml whip cream
3 kuning telur
1 butir telur
2 sdt kulit jeruk lemon parut (aku nggak pake)
5 putih telur
1/8 sdt garam (nggak dikasih garam, karena kelupaan. Ingetnya waktu lagi ngetik resep ini)
125 gr gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon (aku pake ekstrak lemon sunquick)

Cara membuat :
1. Siapkan loyang, alasi kertas roti, olesi mentega. Panaskan oven 150o C.
2. Campurkan mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.
3. Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur dan 1 butir telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
4. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit-sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).
5. Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata.
6. Tuang adonan ini ke loyang, panggang dengan cara au bain marie ± 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven.
7. Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang.

Sumber : 35 variasi resep2 cheesecake Yasaboga

Di resep aslinya sebenarnya menggunakan topping selai aprikot. Cuma karena nggak ada selai aprikot, ya pake pake topping seadanya.

Sempat terjadi kesalahan waktu mencampur adonan, tepung dan campuran cheese creamnya. Karena nggak bener-bener baca resepnya.
Jadi pertama kali yang aku lakukan adalah mencampur tepung terigu dan maizena yang sudah diayak. Kemudian aku masukin 1 butir telur dan 3 kuning telur. Baru kemudian manasin campuran cheese cream.

Ternyata waktu baca resep sekali lagi, harusnya panasin campuran cheesecream. Setelah mendidih angkat. Baru kenudian masukkan campuran tepung, kemudian kunig telur dan 1 butir telur. Sempet hopeless gara-gara kesalahan ini. Tapi beuntung masalah ini bisa teratasi, karena nggak begitu pengaruh pada hasil akhirnya. Cuma akhirnya bagian bawahnya agak bergerindil, mungkin karena cheese creamnya yang tidak larut sempurna.

Kejadian yang lain waktu manggang. Kebetulan aku pake loyang oval. Karena aku bikinnya 1 resep utuh, adonan jadi lebih dari 2 loyang kalau pake yang oval. Oven pun cuma satu dengan kapasitas terbatas. Daripada harus ngantri manggang, akhirnya aku pake oven serbaguna Hakashima. Untuk yang ini aku pake loyang yang bulet. Karena yang ini nggak ada ukuran suhu dan timernya, maka dilihat aja sampe tektur kue menjadi kuning keemasan.

Untuk yang pake hakashima ini kuenya sempet mengembang banget hingga permukaannya pecah. Karen apa? Karena apinya kegedean. Waktu api kompor sedikit dikecilin, akhirnya permukaan kue menjadi kempis. Tetep enak sih hasilnya, cuma bentuknya agak2 kacau. Untuk yang ini abis dimakan berdua sama suami. Dikasih topping blueberry. Cuma nggak sempet kefoto.

Bagi yang ingin menggunakan topping selai aprikot ini resepnya :
2 sdm selai aprikot
2 sdm air

Panaskan selai apricot dan air. Oleskan ke permukaan cheese cake.

Untuk Cheese cake yang oval, akhirnya dibawa suami ke kantor. Mintanya gak usah dikasih topping macem2. Gak usah dikasih selai, gak usah dikasih whip cream, pokoknya polosan aja gpp katanya....

Ya udah, karena mintanya begitu, akhirnya atasnya dikasih potongan stroberi aja, no whip cream...no selai.......

JCC with strawberry

2 Comments:

Blogger Unknown said...

Waw. kuenya keren banget.
Anis tyt jago masak ya.
Ajarin dong...

April 30, 2008 at 7:51 PM  
Blogger Bunda Falih said...

Hai, Fitri! Belum jago sih, masih sering gagal juga kalo bikin kue. Ayo main ke rumah, nanti kita belajr bersama. :-)

May 2, 2008 at 8:07 AM  

Post a Comment

<< Home